Pages

Blogroll

Robi. Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 25 November 2014

Fedora

        DINAS PENDIDIKAN

         SMK NEGERI 1 PELAIHARI
           TAHUN AJARAN 2014/2015

  FEDORA   
    
  


      Disusun oleh :
        Kelompok 4
Ø Ahmad Mujadid
Ø Koko Hermawan
Ø Marhaban Nur
Ø Muhammad Alif Akbar Humaidi
Ø Muhammad Hendra
Ø Robi
Ø Warso Falillah







Kata Pengantar
 



          Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa lagi Maha Sempurna. Berkat rahmat dan karunia-nyalah kami dapat memnyelesaikan pembuatan Makalah ini tanpa hambatan berarti.
Terimakasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepada Bapak Ahmad Robby, S.Kom selaku Kepala Program Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Berkat persetujuan beliau jugalah Makalah ini dapat terselesaikan.
Harapan kami kedepannya dengan adanya Makalah Fedora ini, siswa-siswi dapat menggunakannya sebagai buku pegangan atau modul dalam permbelajaran, khususnya dalam bidang produktif Teknik Komputer dan Jaringan. Dan juga siswa-siswi diharapkan membaca buku,modul atau pun makalah lain yang sejenis, karna makalah yang kami buat ini jauh dari kata sempurna.
Demi kebaikan dan keakraban antar pembaca dan penulis, kami bersedia menerima saran dan kritik dari para pembaca. Disamping itu, dengan adanya kritik dan saran, kami akan semakin termotivasi kearah yang lebih baik dalam hal penulisan, baik itu penggunaan kata ataupun hal lainya.
Akhirnya, kami selaku pembuat makalah mengucapkan beribu maaf atas kekurangan dan kesalahan dalam penulisan, dan semoga makalah ini dapat berguna sebagaimana mestinya.
                             Pelaihari, 30 Oktober 2014

Penulis

Daftar Isi
 




1     Kata Pengantar...................................................................................................2
2     Daftar Isi...............................................................................................................3
3     Bab I Pendahuluan
3.1       Latar Belakang.................................................................................4
4     Bab II Pembahasan
4.1       Sejarah Fedora...................................................,..............................5
4.2       Featur dan Aplikasi.........................................................................5
4.3       Kelebihan dan Kekurangan Fedora..........................................6
4.4       Spesifikasi Hardware.....................................................................6
4.5       Cara Instalasi Fedora......................................................................7
5     Bab III Penutupan
4.3       Kesimpulan dan Saran................................................................13

















Daftar Gambar
 





1.      Gambar 1.0: Tampilan Fedora..........................................................................5
2.      Gambar 1.1: Boot Komputer.............................................................................8
3.      Gambar 1.2: Instal.............................................................................................8
4.      Gambar 1.3: Pemilihan Layout keyboard.........................................................9
5.      Gambar 1.4: Pemilihan Storage Device............................................................9
6.      Gambar 1.5: Messege for Storage.....................................................................9
7.      Gambar 1.6: Host.............................................................................................10
8.      Gambar 1.7: Pemilihan Zona Waktu..............................................................10
9.      Gambar 1.8: Password root.............................................................................10
10.  Gambar 1.9: Partisi Default............................................................................11
11.  Gambar 2.0: Konfirmasi Disk.........................................................................11
12.  Gambar 2.1: Proses Instalasi...........................................................................11
13.  Gambar 2.2: Instalasi Selesai..........................................................................12
14.  Gambar 2.3: Pemilihan Desktop.....................................................................12
15.  Gambar 2.4: Halaman booting (Wizard boot)................................................12
16.  Gambar 2.5: Informasi Lisensi.......................................................................13
17.  Gambar 2.6: Pengisian Akun User..................................................................13
18.  Gambar 2.7: Pengaturan Waktu Dan Tanggal...............................................14
19.  Gambar 2.8: Pengiriman rincian Hardware...................................................14
20.  Gambar 2.9: Pembatalan Pengiriman............................................................15
21.  Gambar 3.0: Masuk ke Desktop dengan akun user........................................15
22.  Gambar 3.1: Paswword untuk Login Desktop................................................16



Bab I Pendahuluan
Latar Belakang Fedora
 


   Gambar 1.0: Tampilan Fedora
                Latar Belakang Fedora (sebelumnya bernama Fedora Core, kadang-kadang disebut juga dengan Fedora Linux) adalah sebuah distro Linux berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat.
Nama Fedora berasal dari karakter fedora yang digunakan di logo Red Hat. Pada rilis 1 sampai 6 distro ini bernama Fedora Core yang kemudian berubah menjadi Fedora pada rilis ke-7. Fedora dikenal di dunia Linux sebagai sebuah distro yang menjadi pioneer dalam penggunaan teknologi terkini dan merupakan distro yang digunakan oleh Linus Torvalds.Salah satu visi utama Fedora tidak hanya mengandung software dibawah lisensi software open source dan gratis, tetapi juga menjadi teknologi yang mutakhir.
Pengembang fedora lebih membuat perubahan yang signifikandaripada hanya memperbaiki khususnya untuk bahwa update Fedora dapatdigunakan oleh semua Linux.Dibandingkan dengan kebanyakan sistem operasi Non-Linux, Fedoramemiliki siklus kehidupan yang singkat. Versi X dipertahankan hanya satubulan sampai versi X+2 diluncurkan. Dengan hanya 6 bulan selisih, danperiode perawatan hanya 13 bulan setiap versinya.. Ini dapat membawapermasalahan yang mungkin menggunakan versi Fedora tertentu untukpengembangan produknya (ex, embedded systems) dimana dukungan jangkapanjang lebih penting dari pada memelihara software revisi termukhtakir.



Bab II Pembahasan
A. Sejarah Fedora
               
Nama Fedora berasal dari Fedora Linux, proyek sukarela yang mengembangkan perangkat lunak tambahan untuk distro Red Hat Linux, dandari karakteristik fedora (topi kulit) yang digunakan dalam logo Red Hat("Shadowman"). Fedora Linux akhirnya diserap ke dalam Fedora Project.
Fedora adalah merek dagang dari Red Hat, walaupun hal ini pernahdisengketakan oleh para pencipta repositori perangkat lunak Fedora, namunmasalahnya telah diselesaikan.Proyek pengerjaan Fedora dimulai dari akhir tahun 2003 sejak Red HatLinux secara resmi dihentikan. Fedora dijadikan alat percobaan untukmenciptakan generasi Red Hat Linux Enterprise yang lebih unggul dan layakjual.
Red Hat Enterprise Linux sendiri adalah distro Linux yang didukungsecara resmi oleh Redhat, sementara Fedora menjadi distro komunitas.Pada tahun 2008, Linus Torvalds, pemilik dari Linux kernel, mengatakanbahwa dia menggunakan Fedora karena Fedora memiliki dukungan yangcukup bagus untuk arsitektur prosesor PowerPC, yang dia rasakan setiapwaktu.Menurut DistroWatch, Fedora adalah sistem operasi ketiga yang palingpopuler di bulan Juni 2011, dibelakang Ubuntu dan Mint, dan menjadidistribusi linux RPM yang paling populer. Bagi Red Hat, Fedora merupakanajang percobaan utuk menghasilkan distro Red Hat Enterprise Linux (RHEL)yang stabil, rilis-rilis RHEL dikembangkan dari versi Fedora.Fedora merupakan sebuah system operasi yang sering digunakan menjadisystem operasi jaringan. Walaupun begitu, debian juga bisa digunakan untuksystem operasi GUI yang digunakan dalam pekerjaansehari-hari.

B. Featur dan Aplikasi

Beberapa paket dihilangkan dari rilis ini (contohnya abiword, xmms, exim) karena sama fungsinya dengan paket yang sudah ada, beberapa lainnya ditambahkan. Paket baru di antaranya adalah pembaca PDF Envice, OpenOffice 2.0 Beta, dan compiler GCC4. Sebuah feature yang menarik adalah dimasukkannya paket Xen secara default ke Fedora Core 4. Xen memungkinkan beberapa virtual computer untuk berjalan pada sebuah sistem fisik tunggal. Kemudahan meng-install software tambahan disediakan oleh RPM (Red Hat Package Manager). Besarnya pangsa pasar yang dimiliki oleh Red Hat membuat RPM untuk Fedora tersedia melimpah di Web. Anda dengan mudah dapat memperoleh RPM yang pas untuk kebutuhan Anda. Kelebihan dan Kekurangan Fedora Core 4 sebagai distro premium adalah tingkat sekuriti yang ditawarkan. Amannya Fedora Core 4 membuatnya ideal bukan hanya untuk lingkungan desktop tapi juga untuk lingkungan server dimana stabilitas dan sekuriti sangatlah penting. Sekuriti Fedora Core 4 diperkokoh dengan adanya paket SELinux (Security-Enhanced Linux) yang memperketat privilese sistem untuk beberapa daemon UNIX. Terkait dengan bagaimana Fedora Project nampaknya membuat satu kaki Fedora Core menapak di ranah personal desktop sementara satu kaki lain menapak di dunia server, ada keluhan tentang dukungan multimedia Fedora Core. Fedora Core seringkali harus sedikit dioprek agar kompatibel dengan beberapa perangkat multimedia tertentu. Selain itu, karena lisensinya yang open source, secara default Fedora Core tidak dapat menjalankan beberapa format media proprietary seperti Windows Media, MP3, atau DVD. Secara keseluruhan, Fedora Core menjanjikan sebuah distro yang mapan, aman, dan padat feature. Satu hal lagi, komunitas pengguna distro paling populer di Amerika ini termasuk paling besar sehingga Anda tidak perlu khawatir memecahkan kesulitan Anda sendirian tanpa bantuan. Fedora merupakan sebuah system operasi yang sering digunakan menjadi system operasi jaringan. Walaupun begitu, debian juga bisa digunakan untuk system operasi GUI yang digunakan dalam pekerjaan sehari-hari.


C. Kelebihan Dan Kekurangan Fedora

1.      Kelebihan dari Linux Fedora ialah :

a.       Distro yang mapan, aman, dan padat feature.
b.      Digunakan sangat luas (sekitar 50 persen para pengguna Linux di Indonesia) dan populer (terutama di Amerika).
c.       Dukungan yang baik, inovatif, dekstop yang bagus, tool konfigurasi.
d.      Tingkat security yang baik yaitu adanya paket SELinux (Security-Enchanced Linux).

2.      Kekurangan dari Linux Fedora ialah :

a.       Tidak sestabil Debian atau Slackware untuk server.
b.      Tidak semudah dan semutakhir Suse atau Mandrake untuk penggunaan dekstop.
c.       Fedora ada distribusi untuk keperluan umum.
d.      Multimedia yang kurang (secara default) tidak dapa memutar format Windows, Media, MP3, atau DVD.

D. Spesifikasi Hardware
Kebutuhan Hardware :
-        Minimum: Pentium-class
-        Recommended for text-mode: 200 MHz Pentium-class or better
-        Recommended for graphical: 400 MHz Pentium II or better
Kapasitas harddisk :
-        Custom Installation (Minimal): 620MB
-        Server: 1.1GB
-        Personal Desktop: 2.3GB
-        Workstation: 3.0GB
-        Custom Installation (Everything): 6.9GB

Kebutuhan memori :
-        Minimum for text-mode: 64MB
-        Minimum for graphical: 192MB
-        Recommended for graphical: 256MB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar